Daftar Makanan Khas Indonesia Populer Dan Terkenal Sampai Mancanegara

Makanan Khas Indonesia – Negara Indonesia terkenal dengan tempat wisata alam dengan pemandangan dan memiliki udara yang sejuk. Yang lebih terkenal di kalangan wisatawan mancanegara salah satunya adalah wisata kuliner memiliki citra rasa yang unik dan khas yang tidak dapat di temukan di negara-negara lain kecuali terdapat di wisata kuliner indonesia.

Banyak makanan khas indonesia yang bisa anda pilih, berbagai daftar makanan khas indonesia tentunya akan memanjakan anda karena banyaknya list makanan khas indonesia. Jika anda saat ini sedang berada di Indonesia, tidak ada salahnya jika anda mencoba resep-resep makanan khas Indonesia yang tersedia di rumah makan yang tersedia di kota tinggal Anda.

Pada kesempatan kali ini akan membahas kumpulan makanan khas Indonesia yang tentunya dapat memberikan gambaran kepada anda tentang makanan-makanan yang ada di Indonesia itu seperti apa, simak daftar atau kumpulan makanan khas indonesia paling terkenal dan populer di kalangan pemburu kuliner.

1). Gorengan

Untuk makanan khas Indonesia Gorengan, merupakan makanan yang sangat cocok di jadikan sebagai makanan pendamping saat sedang melakukan obrolan santai.

Biasanya gorengan hadir sebagai teman minum kopi atau teh dan saat ini banyak kios atau orang yang menjual gorengan untuk menuntaskan keinginan pencinta kuliner yang menginginkan gorengan yang merupakan makanan khas indonsia.


Ada banyak jenis makanan khas Indonesia yang satu ini, misalkan saja pisang goreng, weci, bakwan, cireng dan tentunya masih banyak lagi jenis makanan khas Indonesia gorengan ini yang bisa anda pilih sesuai dengan selera masing-masing penikmat kuliner.

Mulai dari rasa yang manis, asin hingga pedas bisa anda dapatkan pada makanan khas indonesia yang satu ini tergantung anda menginginkan rasa yang mana. Salah satu makanan yang di setiap daerah di berbagai belahan indonesia tersedia.

2). Bakso

Makanan Khas Indonesia berikutnya adalah Bakso. Pastinya anda sudah tahu bukan penampakan dari makanan khas Indonesia yang di namakan bakso ini seperti apa ?

Bakso merupakan makanan yng terbuat dari daging di bentuk seperti bola kemudian di makanan bersama kuah yang sedap dan gurih.

Saat ini bakso merupakan salah satu makanan khas indonesia yang sangat populer dan hampir di setiap wilayah di indonesia ada dengan ciri khas masing-masing.


Biasanya bakso sangat cocok di konsumsi bersama dengan kombinasi makanan lainnya seperti pangsit, bihun, gorengan dan berbagai sayuran yang tentunya akan menjadi makanan sehat yang siap untuk di konsumsi.

Untuk bakso yang terkenal di Indonesia adalah Bakso malang yang hingga saat ini masih merajai untuk jenis makanan daging yang di hancurkan ini. Ada berbagai macam modifikasi yang di lakukan terhadap makanan khas indonesia yang satu ini.

3). Nasi Goreng

Untuk jenis makanan khas Indonesia yang biasa di sebut dengan nama nasi goreng. Biasanya makanan khas indonesia yang satu ini di fungsikan sebagai penyelamat saat sedang berada di tempat kost, pagi hari saat sarapan atau pada saat malam hari tentu menjadi sebuah makanan yang sangat di nantikan untuk mengisi perut kosong.


Akan tetapi saat ini banyak sekali rumah makan besar dan restoran yang menyajikan makanan khas indonesia ini sebagai menu utama mereka. Nasi goreng merupakan makanan khas indonesia yang berbahan dasar nasi putih kemudian di campur dengan bumbu rempah-rempah yang mempunyai rasa khas Indonesia.

Tentu saja makanan khas indonesia yang satu ini sangat di sukai, pasalnya cita rasa rempah khas yang di dapat di nasi goreng sangat enak.

4). Gudeg

Makanan khas indonesia yang selanjutnya adalah masakan yang berasal dari Jogja. Makanan ini berbahan dasar nangka muda yang kemudian di masak dengan gula merah dan santan. Rasa dari makanan khas Indonesia ini adalah legit dan manis.


Bagi para pencinta kuliner di seluruh nusantara tentu tahu dengan makanan khas indonesia super enak yang bernama gudeg ini. Makanan ini akan sangat enak jika di konsumsi dengan nasi yang hangat, kemudian di tambah dengan lauk pelengkap seperti misalkan saja ayam goreng, telur rebus, tempe goreng dan juga kerupuk kulit sapi.

Saat ini banyak orang yang menjual gudeg secara online, tentu akan menjadi sebuah bisnis yang sangat cerah karena gudeg yang merupakan makanan khas indonesia ini sangat banyak peminatnya.

5). Gado-Gado

Biasanya di Indonesia makanan yang satu ini adalah makanan kombinasi antara potongan kentang, wortel, selada, bayam, tomat, taoge dan jagung. Saat orang luar negeri berkunjung ke Indonesia, biasanya mereka menyebut gado-gado ini sebagai Salad Jawa atau Javanese Salad.

Salad jawa yang satu ini untuk tingkat kepedasannya bisa anda sesuaikan sesuai dengan selera masing-masing penikmatnya. Untuk menambah variasi, biasanya makanan khas Indonesia yang satu ini di tambahkan di dalamnya tahu, tempe atau lontong.


Ada berbagai macam variasi untuk siraman di atas gado-gado, ada yang di beri bumbu mayonaise dan juga bumbu kacang di tambah lagi dengan kerupuk sebagai toppingnya.

Yang sangat membuat kangen makanan yang satu ini adalah sensasi kriuk dari krupuk yang bercampur dengan bumbu kacang lezat, sunguh menggugah selera makan seketika.

6). Soto Ayam

Untuk jenis makanan Indonesia yang satu ini adalah makanan yang sangat mudah di jumpai apabila anda sedang berkunjung di Indonesia. Soto merupakan makanan khas Indonesia yang di sajikan dengan kuah dan di dalamnya terdapat daging dan beberapa bahan lainnya.

Beberapa tahun belakangan ini makanan khas indonesia yang satu ini di jadikan makanan untuk di sajikan pada tamu dalam sebuah acara pesta perkawinan dan acara-acara tertentu yang mengadakan jamuan makan kepada tamu.


Soto di sajikan dengan kuah kuning kental yang bersantan dan beberapa daging yang bisa di sandingkan dengan soto adalah misalkan saja daging kambing, daging ayam dan daging sapi.

Akan sangat cocok jika soto ini anda konsumsi dengan komposisi bawang goreng dan kerupuk emping ada di dalamnya. Setiap kunyahan akan sangat berarti apabila anda sedang mengkonsumsi soto yang merupakan makanan khas indonesia paling enak dan populer ini.

7). Ketoprak

Makanan khas indonesia yang selanjutnya adalah sebuah makanan yang cukup banyak di jual di beberapa tempat makan yang ada di Indonesia, pasalnya Ketoprak adalah makanan khas indonesia yang cukup dekat dengan masyarakat luas atau bisa di katakan makanan indonesia yang satu ini sangat merakyat.

Ketoprak sangat erat kaitannya dengan ketupat, pasalnya sebagaian besar Ketoprak yang di sajikan di indonesia ini di hadirkan dengan menggunkan ketupat atau bisa juga dengan lontong.


Banyak sekali saat ini pedagang kaki lima yang menyajikan ketoprak, tentu hal ini akan memudahkan kita untuk dapat mencicipi makanan indonesia yang satu ini. Beberapa bahan utamanya seperti misalkan saja ketimun, bihun, tahu, telor rebus, tauge, bawang goreng, kecap dan tentu saja tidak lupa di atasnya di berian siraman saus kacang yang lezat.

8). Nasi Kuning

Makanan khas indonesia yang berikutnya akan kita bahas adalah sebuah makanan yang oleh masyarakat indonesia di sebut dengan Nasi Kuning. Makanan khas indonesia yang satu ini merupakan sebuah masakan indonesia yang di buat dari beras, santan, kunyit dan beberapa bumbu rempah-rempah yang tentunya sangat khas ala indonesia.

Tentu dengan beberapa perpaduan yang telah kita sebutkan tadi membuat makanan khas indonesia bernama Nasi Kuning semakin gurih dan juga enak.


Biasanya Nasi Kuning ini di indonesia sangat sering di jadikan nasi tumpeng yang tentu saja di sajikan dengan berbagai macam lauk-pauk khas indonesia yang enak. Saat syukuran biasanya Nasi Kuning di buat untuk memperingati rasa syukur dan berbagi dengan sesama.

Tentu akan membuat kebersamaan lebih erat apabila terdapat makanan khas indonesia yang berwarna kuning dan mempunyai rasa yang sangat gurih ini.

9). Opor Ayam

Makanan khas Indonesia yang ketiga ini adalah makanan yang sangat di gemari pasalnya menggunakan bahan dasar ayam yang di campur dengan kuah bersantan, telor dan juga kentang. Aroma yang di hasilkan saat makanan ini matang, sangat sedap sekali sehingga akan menggugah selera anda.

Terlebih lagi biasanya ayam yang di masak dalam opor ini sangat empuk, sehingga memudahkan kita untuk memakannya. Dengan bumbu berbahan dasar kunyit, ketumbar, santan dan bawang merah tentu akan memberikan sensasi tersendiri bagi orang yang mengkonsumsinya.


Dan makanan khas indonesia yang satu ini pasti akan membuat kangen saat kita tidak berada di Indonesia. Makanya tidak ada salahnya jika pada saat kita akan pergi keluar negeri, santap makanan khas indonesia yang satu ini sampai perut anda puas.

10). Pecel Lele

Makanan khas indonesia yang berikutnya akan kita bahas adalah sebuah makanan yang bisa menggoyang lidah anda secara maksimal, makanan indonesia yang satu ini di namakan Pecel Lele. Makanan khas indonesia yang satu ini merupakan sebuah makanan yang berbahan dasar lele, kemudian lele tersebut di goreng hingga benar-benar gurih.


Setelah di goreng tentu di sajikan bersama sambal yang sangat khas ala indonesia, dengan cara memasak yang seperti itu biasanya banyak orang menyebutnya dengan lalapan. Akan tetapi untuk menjadi makanan lalapan pecel lele yang sempurna, rasanya kurang pas apabila di dalamnya tidak di masukkan juga bahan seperti kubis, kemangi, kacang panjang dan ketimun.

Kenapa banyak orang yang sangat suka dengan pecel lele ini? Hal ini di karenakan pecel lele merupakan salah satu makanan khas indonesia yang mempunyai rasa yang enak akan tetapi rata-rata harga untuk makanan khas indonesia yang satu ini juga sangat terjangkau.

11). Rendang

Makanan khas Indonesia yang biasa di sebut rendang ini mempunyai rasa yang sangat kuat. Dengan berbahan dasar daging dan beberapa bumbu rempah-rempah yang ada di dalamnya seperti misalkan saja kunyit, ketumbar dan beberapa bumbu lainnya membuat Rendang menjadi makanan khas Indonesia yang populer.


Sudah dapat di pastikan apabila anda sudah mencoba makanan khas indonesia bernama rendang ini, tentu anda akan mencoba untuk gigitan kedua. Biasanya saat orang Padang memasak Rendang akan mempunyai rasa yang khas yaitu rasa yang khas dan legit.

Terlebih lagi daging lembut yang berenang dalam kuah rendang akan sangat cocok bila di padukan dengan nasi hangat. Masakan orang padang yang satu ini juga sangat terkenal di berbagai belahan indonesia.

12). Rawon

Asal dari makanan khas Indonesia yang satu ini yaitu dari Jawa Timur. Bahan dasar dari jenis makanan khas Indonesia yang satu ini berbahan dasar Daging Sapi dan Kluwek.

Apakah anda tahu Kluwek itu apa ?

Tentu kuah kental yang bisa kita dapatkan pada makanan khas indonesia ini sangat luar biasa, pasalnya bumbu rempah yang bercampur dengan kuah bisa membuat rasa yang pecah di dalam setiap kunyahan.


Kluwek merupakan sebuah bahan makanan yang bisa membuat warna dari kuah rawon menjadi hitam pekat. Dengan bumbu berbahan dasar daun bawang, keumbar, bawang merah dan bahan lainnya.

Tentunya makanan khas Indonesia ini akan enak jika di konsumsi dengan nasi yang hangat. Saat ini banyak acara pernikahan yang menyajikan makanan khas indonesia bernama rawon ini sebagai sajian untuk para tamu undangan.

13). Sate

Makanan khas indonesia yang selanjutnya akan kita bahas adalah sebuah makanan yang tentu saja sudah tidak asing lagi kenikmatan dari makanan yang di tusuk menggunakan bambu ini. Makanan indonesia yang sangat khas ini di kenal dengan nama Sate.

Masakan khas indonesia bernama Sate ini pada umumnya di buat dengan menggunakan bahan utama yaitu daging, berbagai daging ynag bisa di buat menjadi makanan dengan nama sate tersebut.


Daging yang bisa di gunakan yang tentu saja cukup populer adalah daging kambing dan daging ayam, yang untuk prosesnya di panggang atau di bakar setelah itu di beri bumbu kacang yang sangat lezat.

Bagi anda yang suka pedas anda juga bisa menambahkan sambal di dalamnya. Pada saat penyajiannya biasanya Sate ini di hidangkan dengan nasi putih yang masih hangat yang tentu saja akan menggotang lidah anda.

Penasaran dengan makanan khas indonesia yang satu ini ?
Powered by Blogger.