Wisata Kuliner Dan Makanan Enak Wajib Di Coba Saat Mengunjungi Kota Garut

Wisata Kuliner Dan Makanan Enak - Selain tempat wisata Garut memiliki banyak pilihan wisata kuliner yang enak dengan harga yang murah, tidak lengkap rasanya bila berkunjung ke garut tidak di lengkapi menccipi aneka kuliner yang menggugah selera dan di jamin setiap makanan memiliki rasa yang enak dan lezat.

Berikut daftar aneka jajanan dan kuliner enak di sekiatar kota garut :

1). Rumah Makan Cibiuk

Rumah Makan Cibiuk tidak akan lepas dengan sambal Cibiuk super pedas. Cibiuk adalah nama daerah di Garut yang memang terkenal dengan sambalnya yang pedas. Sambal Cibiuk ini, di masa lalu merupakan sajian istimewa untuk tamu penting.

Namun saat ini, sambal cibiuk bisa dinikmati oleh semua kalangan di berbagai tempat rumah makan yang berada di garut.

Sambal Cibiuk yang terkenal adalah (Sambel Hejo) atau sambal hijau. Warnanya yang hijau ini, memang berkaitan dengan bahan yang digunakan seperti cabe rawit yang berwarna hijau, tomat yang masih berwarna hijau, daun pokpohan dan daun kemangi.

Penambahan daun pokpohan dan daun kemangi ke dalam sambal tentu saja memberikan tambahan terhadap citarasa, tekstur dan aroma sambal. Meski demikian, ada juga sambal merah yang dibuat dari bahan tomat dan cabai merah.

Mengenai rasa, sensasi pedas dari sambal merah bisa dikatakan lebih pedas dari sambal hijau.
Selain sambalnya juga ada gurame bakar cobek, ayam bakar dan menu-menu sederhana lainnya seperti tempe dan tahu goreng.

Akan merasa kurang bila menyantap masakan Sunda tidak di lengkapi dengan lalapan. Lalapan seperti ini, biasanya akan bertambah nikmat saat dicocolkan ke sambal. Begitu pula dengan menu atau lauk pauk yang umumnya disajikan kering.

Menyocol sambal tentu akan membuat sensasi tersendiri baik peristiwa sebelum menyuap atau setelah menyuap. Umumnya, mereka yang menyantap makan dengan Sambal Cibiuk akan mengalami sensasi “Kepedasan” yang ditunjukkan dengan desisan di mulut sebagai tanda pedas.

2). Rumah Makan Sari Cobek

Rumah Makan Sari Cobek Cangkuang lokasinya di Kecamatan Leles Garut. Kalau dari arah Bandung hanya berkisar 20 Kilometer. Berdekatan dengan Kadungora. Lokasinya berada di objek wisata Candi Cangkungan.

Tepatnya di 3 Km dari Jalan Raya Bandung – Garut atau sejam  dari jalan tol Cileunyi. Arsitektur rumah makan ini agak beda, terbuat dari saung-saung. Pokoknya dijamin nyaman.

Cocok untuk rombongan karena daya tampung  sekitar 250 Orang. Jadi kalau ingin acara familly Gathering atau Company Outing sebaiknya mengunjungi Rumah Makan Sari Cobek.

Fasilitas yang tersedia di sini juga cukup komplit. Menu utama yang diberikan di rumah makan ini  adalah menu makanan khas sunda, dengan penyajian yang menarik dan sempurna.

3). Rumah Makan Asep Stroberry

Rumah Makan Asep Stroberi terkenal dengan nasi liwetnya. Rumah makan ini sangat terkenal karena selain menyajikan makanan khas Sunda juga menawarkan pemandangan alam yang  memukau.

Pengunjung diajak menikmati hidangan Sunda dan kesegaran buah stroberi sambil menikmati pemandagan pesawahan yang hijau.

Ada tiga pilihan lokasi restoran ini yakni di Jalan Raya Nagrek, selepas Kabupaten Bandung dari arah Jakarta. Dan saat Anda memasuki Kabupaten Garut yakni di  Jalan Raya Kadungora Nomor 245, Garut serta Jalan Raya Cimaragas Nomor 95

Menu andalan Asep Stroberi adalah nasi liwet. Nasinya yang pulen di masak oleh ahlinya menghasilkan nasi liwet yang enak dan dihidangkan bersama penggorengannya agar cita rasa masakan tidak mudah hilang.

Dilengkapi dengan daun pandan agar aromanya tercium wangi daun pandan, Aromanya harum. Nasi dihias dengan petai, teri, dan sedikit cabe merah.

Lauk pauknya bisa dicoba juga ikan bakar dengan bumbu kecap, serta ayam goreng renyah. Rasanya dijamin maknyus. Ada juga ayam serundeng, ayam dengan parutan kelapa berbumbu ini rasanya paling enak. Tidak ketinggalan ada juga tempe dan tahu serta lalapan.

Karena tempatnya yang sangat strategis dan juga memiliki lahan parkir yang cukup luas, Rumah Makan Asep Stroberri menjadi salah satu wisata kuliner di garut yang wajib di kunjungi.

4).  Rumah Makan Jemanii

Meskipun harganya agak mahal Rumah Makan ini sangat digemari di kalangan wisatawan yang sedang menjelajah tempat wisata di garut. Sebab masakannya sangat khas. Tempatnya juga asri. Memang Rumah Makan ini untuk kalangan menengah ke atas.

Lokasinya berada di Jalan Cipanas no 88 Garut. Sedangkan aneka makanan yang ditawarkan di Rumah Makan Jemanii adalah, makanan khas sunda, seafood, steak dan aneka jajanan Garut. Rumah makan ini juga melayani , wedding resepsi, catering, dan perayaan ulang tahun.

5). Rumah Makan Saung Pananjung

Rumah Makan ini memang sudah tersebar di berbagai tempat di indonesia. Dengan menu andalan dari daging domba muda dan olahan makanan lain yang tidak kalan enak dan lezat. Alahasil rumah makan ini menjadi salah satu favorite para wisatawan untuk wisata kuliner enak di kota garut.

Menu andalan yang tersedia di rumah makan Saung Panajung salah satunya seperti, Tongseng Domba, Domba Bakar, Domba Goreng dan masih banyak menu lainya yang patut di coba bila Anda sedang berwisata ke kota garut.

6). Rumah Makan Dapur Setia Kawan

Lokasinya berada di Jalan Raya Cipanas Baru, Kecamatan Tarogong Kidul Garut. Jadi bila wisatawan berkunjung ke Cipanas tidak cocok rasanya bila tidak mengunjungi ke rumah makan ini. Menu makanan yang tesedia seperti, Ikan bakar dan Udang Bakar .

Terdapat pula berbagai jenis lalapan untuk lebih menikmati makanan Ada juga hidangan sunda seperti lalapan dan sambal. Rumah makan ini memang cocok untuk keluarga saat berkunjung ke Garut.

7). Rumah Makan Racik Desa

Makanan dengan rasa yang enak dan lezat serta cukup terjangkau oleh semua kalangan. Dengan pemandangan sekitar rumah makan sangat indah menjadikan Rumah Makan Racik Desa menjadi tujuan wisata kuliner terpopuler di Garut.

8). Rumah Makan Soto Ahri

Yang bosan dengan masakan Sunda dan suka soto boleh coba Rumah Makan Soto Ahri di Jalan Mandalagiri Gang Harjo Garut . Rumah Makan Soto Ahri pun kini memiliki 2 Cabang yang berada di Bandung dan Tasikmalaya.

Pokoknya dijamin puas. Rasa sotonya juga beda dari kebanyakan soto-soto yang pernah ada di wilayah garut dan sekitarnya.

Garut identik dengan makanan khas-nya yaitu dodol, tetapi jangan salah garut juga memiliki tempat wisata yang tidak kalah menarik dengan pemandangan yang indah dan udara yang sejuk.

Setelah menjelajah tempat wisata dan pilihan rumah makan garut juga memiliki jajanan yang enak serta harga yang di tawarkan sangat terjangkau.
Berikut daftar makanan enak yang wajib Anda coba jika sedang berada di garut :

1). Sate

Bagi para penggemar makanan sate, jangan khawatir kalau sedang mencari makanan daging yang ditusuk-tusuk ini. Sebab di Garut ada namanya raja sate. Disini ada menu sate arab domba, maupun sate arab sapi. Ukuran satu tusuk sate dagingnya lumayan besar-besar.

Kalau Anda tertarik dan penasaran ingin mencicipi sate jumbo yang berada di garut ini, datang saja ke alamat di jalan otista tanjung pesawahan.

2). Chocodot Garut

Garut terkenal dengan cemilan enaknya yang bernama chocodot. Makanan ini adalah coklat yang berisi dodol. Chocodot ini biasanya dijadikan oleh-oleh khas Garut. Namun kamu juga tetap dapat menikmatinya.

Jika Anda ingin mencoba makanan chocodot asli khas garut ini, silahkan kunjungi alamat Jl, Otista No.2, Garut. Dan carilah nama toko D’Jieun Coklat disini banyak sekali makanan enak dan juga merupakan tempat dimana para wisatawan membeli oleh-oleh makanan khas garut.

3). Mie Bakso Mang Iko

Hampir semua kalangan menyukai makanan bulat yaitu bBakso, Oleh karena itu tak heran jika bakso banyak dijual di pasar ataupun gerobak keliling. Begitu juga halnya dengan di Garut. Bakso menjadi salah satu kuliner yang sangat di gemari oleh hampir semua masyarakat di sekitar Garut.

Mie Bakso Mang Iko beda dengan kebanyakan tukang bakso pada umumnya karena cara penyajian dan masaknya menggunakan arang jadi kualitas rasa makanan ini tetap terjaga setiap di sajikan kepada konsumennya.

Penasaran ingin mencicipi Bakso mang iko ? Lokasinya berada di daerah pasar baru, kota garut. Tempat wisata kuliner ini sudah terkenal di kalangan masyarakat yang berada di garut.

4). Seafood

Nah buat kamu pecinta seafood, di Garut ada menu yang menyajikan seafood. Menu tersebut bisa kamu pilih di rumah makan yang berada di jalan bank, bekas stasiun kereta. Namun walaupun tempatya tidak begitu nyaman, rasa yang ditawarkan dari seafood ini memiliki cita rasa yang enak dan juga murah.

5). Burayot Garut

Kalau kamu sedang berlibur ke kota Garut jangan lupa untuk mencicipi cemilan enak khasnya kota garut yaitu Burayot Garut. Salah satu cemilan enak khas Garut sayang sekali jika sedang wisata kuliner tidak sempat mencicipi makanan ini.

Makanan ini terbuat dari campuran beras merah, kacang merah dan gula merah. Jika Anda penasaran di sarankan untuk mencobanya. Burayot itu sendiri dapat dengan mudah Anda temukan di toko oleh-oleh khas Garut hampir semua tempat menyediakannya.

6). Maring garut

Selain burayot Garut, ada juga cemilan enak khas Garut. Cemilan tersebut adalah moring Garut. Moring garut adalah keripik yang terdiri dari rasa pedas dan juga asin. Dapat di dapatkan di toko-toko makanan yang menyediakan makanan oleh-oleh khas garut.
Powered by Blogger.